Cara Mendapatkan Informasi Pajak Dari Layanan Pajak

Cara Mendapatkan Informasi Pajak Dari Layanan Pajak

Tax Consultant Jakarta – Untuk membantu meningkatkan jumlah wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan pada tahun ini pemerintah Indonesia membuka layanan khusus pemberian informasi yang berhubungan dengan pelaporan SPT secara online melalui media social Twitter dan live chat di pajak.go.id. Layanan tersebut merupakan layanan informasi tambahan selain layanan telepon 1 500 200 di kring pajak. Lantas apa saja sih layanan yang diberikan oleh pemerintah tersebut?.

Pemberian Electric Filing/EFIN

Wajib pajak yang tidak sengaja melupakan nomor identitas pelaporan elektronik (EFIN) bisa menerima kembali nomornya setelah selesai melakukan konfirmasi data berikut:

  1. NPWP
  2. Nama
  3. Alamat yang terdaftar saat melakukan registrasi EFIN
  4. Alamat email maupun nomor telepon terdaftar
  5. Tahun terakhir melaporkan SPT Tahunan

Jika ingin prosesnya cepat, diharapkan Anda bisa memberikan semua data-data tersebut sehingga petugas kring pajak dapat mencocokan data yang ada dengan sistem DJP, jika benar data yang diberikan otomatis akan diberikan email balasan dari informasi@pajak.go.id yang isinya informasi seputar EFIN di dalam file format PDF yang diproteksi dengan password yang bisa ditemukan di email yang sama.

Pemberian Informasi Kode Billing

Layanan informasi ini tidak hanya membantu WP mendapatkan kembali EFIN mereka, namun juga memberikan informasi seputar kode pembayaran atau kode verifikasi penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan pajak khususnya untuk WP yang mengalami kesulitan dalam menerima kode billing SPT , berikut ini data yang perlu diberikan saat ingin mendapatkan kode billing dari layanan pajak:

  1. NPWP
  2. Nama
  3. EFIN
  4. Alamat email aktif dan nomor telepon terdaftar
  5. Jenis SPT-nya apa

Wajib pajak akan menyampaikan data yang diminta oleh petugas, dan bila ada data yang cocok dengan data di sistem DJP maka petugas akan mengirimkan informasi seputar kode verifikasi secara langsung pada WP yang mengalami kendala tersebut, bisa via phone atau email.

Pemberian informasi melalui live chat, twitter atau telepon hanya bisa dilayanan selama jam operasional kantor layanan informasi serta pengaduan DJP setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *