3 Kewajiban Wajib Pajak Badan Menurut Sistem Perpajakan

3 Kewajiban Wajib Pajak Badan Menurut Sistem Perpajakan

smconsult – Bagi badan usaha atau perusahaan yang baru saja mendaftarkan atau mendapatkan NPWP maka biasanya akan dibuat bingung dan seringkali bertanya-tanya, apa yang harus diperbuat setelah memiliki NPWP tersebut?

Jangan bingung atau panic, karena dengan memiliki NPWP tersebut, artinya Anda telah memasuki gerbang ketaatan wajib pajak badan, di mana perusahaan yang dikelola dan dijalankan bisa melaporkan pajak tahunan. Berikut ini kewajiban wajib pajak badan yang belum mengenal sistem perpajakan:

Melaporkan dan Membayarkan Pajak Penghasilan

Siapa pun pengusaha yang menjalankan usaha di Indonesia berhak untuk melaporkan pajak penghasilan badan usahanya ke Direktorat Jenderal Pajak dengan cara mendatangi langsung KPP terdekat atau melakukannya secara online dengan memakai e-filing. Tahun 2017, pelaporan SPT Tahunan berakhir 30 April 2018, bagi badan usaha yang belum melaporkan PPh dianjurkan untuk segera melaporkan pajaknya sebelum batas pelaporan berakhir, meskipun masih sangat lama, membayar pajak jauh-jauh hari akan lebih baik dan aman daripada melaporkan SPT Tahunan badan di akhir bulan, karena pastinya jumlah badan usaha atau perusahaan yang ingin melaporkan jauh lebih banyak daripada di awal bulan.

Melaporkan dan Membayarkan PPN

Selain dibebankan untuk membayarkan pajak penghasilan setiap tahunnya, badan usaha dan perusahaan yang menjalankan usaha lantas mendapatkan keuntungan di Indonesia pun dibebani dengan PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Jenis pajak ini tentunya berbeda dengan PPh, cara menghitung PPN tiap bulannya adalah jumlah pajak keluaran dikurangi dengan pajak masukan. Pembayaran PPN selambat-lambatnya akhir bulan berikutnya serta pelaporan paling lambat juga dilakukan di akhir bulan sebelum SPT Masa PPN diberikan. Jika tidak melaporkan PPN dengan benar hingga batas pelaporan terjadi, maka akan dikenakan sanksi keterlambatan bayar kurang lebih sebanyak 2% tiap bulannya dikalikan dengan total bulan dan dikalikan lagi dengan nilai kurang bayar.

Kewajiban Tiap Setahun Sekali

Setelah melakukan tutup buku di akhir tahun perusahaan diwajibkan untuk membuat SPT Tahunan badan dan bila ada kekurangan pembayaran maka diwajibkan untuk dibayarkan sebelum Surat Pemberitahuna Pajak Tahunan tersebut disampaikan paling lambat 30 April 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *